Jumat, 29 Juli 2011

Tentang Kami


Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta hanyalah salah satu fakultas di Universitas Sebelas Maret. Mereka adalah salah satu komponen di lingkungan pendidikan nasional yang keberadaannya tidak bisa diasumsikan cetteris paribus dalam proses pendidikan dan pembangunan bangsa ini. Oleh karena itu sudah menjadi keharusan bagi seluruh pihak yang ada di dalamnya untuk terus melakukan berbagai aktivitas yang menunjukkan eksistensi dan kapabilitasnya.
Mahasiswa sebagai komponen terbesar Fakultas Ekonomi Sebelas Maret yang juga merupakan salah satu stakeholder didalamnya sudah selayaknya dapat berperan lebih dalam rangka membentuk keluarga besar yang dinamis, harmonis dan romantis dengan mensinergikan segala potensi dan sarana yang ada sebagai sarana pembelajaran yang menjadi batu loncatan menuju kehidupan nyata yang luar biasa. Dikampus inilah, mahasiswa dapat belajar dan mengaplikasikan segala keilmuan dalam sebuah kerangka proses persiapan menjadi bagian masyarakat yang eksis, dengan berorientasi pada sikap kritis, terbuka, ilmiah, kekeluargaan dan religius.
Unit Kegiatan Mahasiswa yang hadir ditengah-tengah mahasiswa yang disediakan sebagai sarana aktualisasi diri telah muncul menjadi sebuah kebutuhan. Badan Eksekutif Mahasiswa yang hadir didalamnya diharapkan menjadi alternatif pilihan untuk mengimplementasikan tujuan diatas. Dengan berbagai macam karakter berbeda-beda yang dimiliki para pengurusnya membuat BEM seakan menjadi miniatur ideal pemerintahan mahasiswa khususnya di ranah Fakultas. BEM FE UNS dalam rangka menjalankan fungsi eksekutif harus dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa, universitas, bangsa dan negara yang mana keberadaan mereka diharapkan mampu membantu semua pihak dalam pembentukan civitas akademika yang kompeten, kritis dan peduli serta mandiri.
Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Sebelas Maret yang terdiri dari berbagai latar belakang budaya, kondisi sosial ekonomi, adat istiadat, maupun usia, haruslah bersikap arif dan bijaksana dalam menyampaikan aspirasinya. Pengetahuan akan semua fungsi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) itu serta koor-kompetensi mereka membuat mahasiswa dapat mengukur keaktifan mereka dalam dinamika kampus.
Salah satu indikatornya adalah mereka (mahasiswa red-) mau dan mampu berjuang bersama, bukan hanya jadi penonton dengan hanya bisa bersorak dan mengumpat dibelakang tetapi tidak berani menjadi aktor / pemain di lapangan. Untuk itu, BEM FE UNS kedepan diharapkan mampu menjawab semua tantangan dan ancaman melalui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki untuk kemudian mengemasnya sedemikian rupa.
Dan memang, tidak akan ada gading yang tak retak. Karena semua yang ada di dunia ini memang tidak ada yang sempurna. Kritik dan saran yang konstruktif terus kami tunggu demi perbaikan pemerintahan mahasiswa FE UNS kedepan. Sekali lagi, anda sebagai mahasiswa saat ini punya lembaga aspirasi mahasiswa lewat Dewan Mahasiswa (DEMA) yang kemudian memberikan mandat kepada BEM FE UNS untuk memfollow-up / malanjutkan semua tuntutan.
Kita selalu yakin, tidak mungkin semua pihak akan senang dengan kebijakan BEM. Dan kitapun tidak dengan sekejap mata dapat mengubah kebijakan fakuktas secara langsung. Karena memang keputusan tertinggi berada di tataran birokrat dan Dekanat. Hendaknya kita sebagai mahasiswa FE UNS berlaku obyektif dan kritis serta solutif dalam menanggapi isu yang ada. Apapun itu, BEM FE UNS sebagai salah satu miniatur pemerintahan mahasiswa akan berusaha semampu kami untuk berjuang. Tinggal bagaimana mahasiswa FE UNS itu sendiri untuk lebih proaktif dan obyektif menggunakan peluang dan sarana yang ada untuk membuat pembelajaran hidup ini menjadi berarti. Semoga masa depan lebih baik dapat kita raih.
Sebuah impian dan transformasi yang selalu diawali sebuah niatan dan gambaran ideal yang hendak dicapai. Suka dan duka telah mengiringi perjalanan kami. Dan semogaini bisa terus membuat kami menjadi lebih dewasa. Seperti halnya sebuah Visi yang dilatarbelakangi oleh sebuah keinginan untuk memberikan dan menanamkan nilai – nilai positif di FE UNS. BEM FE UNS yang secara komprehensif mengurusi pemerintahan mahasiswa sudah selayaknya mampu untuk memberikan kebermanfaatan untuk sekitarnya. Dengan ciri khas Peduli / tanggap terkait masalah mahasiswa dan seluruh civitas akademika FE dan mencoba memberikan solusi dari permasalahan yang ada.
Kritis, karena memang sudah harus mendarah daging dalam setiap pergerakan dan perjuangan mahasiswa karena kita adalah kaum intelektual yang tegas dan independen dalam menyikapi permasalahan. Dan terakhir, Mandiri dalam berbagai bidang. Mandiri dalam keuangan, tata kelola organisasi hingga terciptanya profesionalitas yang dibingkai kemampuan berdiri sendiri (berdikari).

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More