Sabtu, 13 Agustus 2011

Persiapan sebelum masuk kuliah

Memasuki fase baru dalam jenjang perkuliahan adalah hal yang sudah mutlak kita lalui, ya nama nya saja mahasiswa, jadi kita mesti siap siap dong melaluinya, kali ini yang akan kami bahas adalah mengenai tips melalui tahapan tersebut karena akan membutuhkan proses adaptasi baru, terutama bagi kamu yang memilih mengenyam bangku perguruan tinggi bukan di daerah anda atau mungkin bukan di negara anda. Bukan hanya fisik yang harus beradaptasi, namun mental dan budaya pun harus anda pahami untuk tetap bisa nyaman dalam menjalani kehidupanmu yang baru.
Anda sebagai mahasiswa baru, mungkin merasa senang dan tidak sabar menunggu datangnya hari pertama masuk kampus . Namun, hal yang sama belum tentu dirasakan oleh beberapa orang atau teman teman kamu. Bahkan sebagian orang mungkin masih  merasa bingung memikirkan apa apa yang harus mereka persiapkan untuk menghadapi kuliah perdana.
Nah untuk itu berikut tips yang bisa kamu lakukan jelang masuk kuliah
  1. Tour keliling kampus. kelihtannya memang terkesan norak, tapi hal ini dapat membantumu mengenal lingkungan sekitar kampus. kalau masih ragu untuk jalan sendiri coba deh ajak teman untuk menelusuri pelosok kampus yang akan sering kamu kunjungi, misalnya perpustakaan, kantor sekretariat, ruang dosen, kantin, ruang kuliah, ATM, rektorat, dan sebagainya. Nah ada tips sedikit buat anda sebagai maba ; pada saat tour jalan nya santai ajah tidak usah terlalu melihat wah kiri kanan, seperti orang yang baru melihat sesuatu yang baru, kalau perlu jalan saja seperti biasa, seperti orang yang memang sudah sering melewati tempat itu. karena pada saat kamu memasuki fakultas yang bukan fakultas kamu biasanya banyak para senior yang akan memperhatikan, kamu tidak mau kan di kerjai?
  2. Ingat dan catat semua nomor maupun alamat penting. ini akan membantumu mendapatkan informasi mengenai kegiatan kampus, pembatalan atau perubahan jadwal mata kuliah, dan lainnya.
  3. Kenali teman satu kos kosan. Ini berlaku buat anda yang hidup jauh dari orangtua. Walaupun anda adalah tipe orang yang tidak terlalu senang bergaul, mulai sekarang biasakan diri untuk mulai mengenal teman di area kosmu. Bukan tidak mungkin, merekalah nanti yang akan banyak membantumu menjalani keseharian di tempat kos karenahidup jauh dari rumah dan orangtua.
  4. lakukan stok barang-barang kecil namun penting. Karena kecil dan kerap kali dianggap sepele, hal-hal kecil ini bisa menyusahkanmu suatu saat nanti, misalnya obat-obatan atau perlengkapan mandi. Tidak ada salahnya mulai mencicil barang-barang di kosan. Hal ini akan memudahkanmu dalam proses pindahan nantinya.
  5. Habiskan waktu dengan keluarga dan teman. Bukan berarti kamu tidak akan bisa menghabiskan waktu bersama mereka ketika mulai kuliah. Hanya saja, jadwal kuliah yang padat, jarak kampus, tugas-tugas kuliah kerap kali akan menyita banyak waktumu. Terutama bagi kamu yang berkuliah di luar kota atau luar negeri.
  6. Mulai sekarang anda harus belajar masak, mencuci, dan menyetrika baju. Hal ini penting bagi anda yang terbiasa dengan adanya tenaga pembantu. Ketika hidup jauh dari rumah dan orangtua, kemandirianmu akan diuji. Meskipun hal ini dapat disiasati dengan memanfaatkan jasa laundry serta membeli makanan jadi. Namun, dengan mencuci atau memasak sendiri, anda bisa menghemat jatah uang jajan dari orangtua dan memanfaatkannya untuk membeli barang dan keperluan yang anda inginkan.
nah demikian tips tips sebelum masuk kuliah, tips diatas adalah sebagian pengalaman kami waktu kuliah sambil kost, redaksinya kami sadur dari kampus.okezone.com, semoga bermanfaat

3 komentar:

laptop kira2 harus gak sih buat anak kuliah?

ya tergantung sih mas. Tapi dikampus ane, laptop lumayan berguna lah buat browsing gratis dengan fasilitas wi-fi yg ada di kampus. Daripada harus ke Warnet :D

Betul jga...laptop sangat penting jga...oh ya sma printer buat ngeprint tugas2 jga...

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More